Rabu, 10 Oktober 2018

Beberapa detik Harga BBM Premium 'Naik-Turun' Hari Ini


Beberapa detik Harga BBM Premium 'Naik-Turun' Hari Ini-Kementerian ESDM sendiri sudah sempat menginformasikan kenaikan harga BBM akan tetapi pada akhirnya batal. (Photo: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri ESDM Ignatius Jonan pada sore hari ini mengatakan harga BBM type Premium naik jadi Rp7.000. Akan tetapi, sekejap Kementerian itu pada akhirnya membatalkan kenaikan harga itu.

Awal mulanya, tanda-tanda kenaikan harga BBM diterangkan oleh beberapa petinggi awal mulanya. Di lain sisi, BBM nonsubsidi pada akhirnya sah dinaikkan di hari ini.

Berikut ini deretan pengakuan berkaitan dengan kenaikan harga BBM subsidi serta nonsubsidi:

Wakil Presiden Jusuf Kalla

1. Wakil Presiden Jusuf Kalla awal mulanya mengutarakan pemerintah selekasnya ambil kebijakan ekonomi pada sebuah atau dua hari yang akan datang. Hal tersebut pasti mempunyai tujuan untuk menangani gejolak ekonomi nasional.

"Dalam kesempatan ini, pemerintah akan ambil aksi. Dalam 1-2 ini hari pemerintah akan ambil kebijakan yang baik untuk menangani ekonomi," tuturnya, Rabu (10/10).

Menko Bagian Kemaritiman Luhut Panjaitan

2. Menko Bagian Kemaritiman Luhut Panjaitan mengatakan ada tanda-tanda kenaikan harga BBM .

"Proses pemungutan ketetapan bagus. Apakah yang perlu diambil serta dinaikkan berapakah, kapan dikerjakan. Beliau tidak ada sangsi. Presiden ingin naikin BBM, tentu ia akan bertanya bagaimana market," katanya di Badung, Bali, Rabu.

PT Pertamina (Persero)

3. PT Pertamina (Persero) meningkatkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamax serta Dex Series, dan Biosolar Non-PSO.

Eksternal Communication Manager Pertamina Arya Dwi Paramita menyebutkan rekonsilasi ini laku mulai ini hari, Rabu (10/10) serta laku di semua Indonesia jam 11.00 WIB.

Menteri ESDM Ignatius Jonan

4. Menteri Daya Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignatius Jonan mengatakan harga jual BBM type penugasan di lokasi Jawa-Madura-Bali naik dari Rp6.450 jadi Rp7 ribu per liter. Sesaat, untuk harga jual Premium di luar Jamali naik dari Rp6.400 jadi Rp6.900 per liter.

"(Harga jual Premium) cuma sesuai kira-kira tujuh % walau sebenarnya harga minyak mentah Indonesia (ICP) sudah naik 25 %," tutur Menteri ESDM Ignasius Jonan selesai hadir Komunitas Tri Hita Karana Sustainable Development di Hotel Sofitel Nusa Dua, Bali, Rabu.

Kementerian ESDM

5. Kementerian ESDM menyebutkan kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) type Premium dipending. Penundaan sambil menanti persiapan PT Pertamina (Persero) sebagai perusahaan minyak negara.

"Kenaikan dipending sekalian menanti persiapan Pertamina," tutur sumber CNNIndonesia.com di Kementerian ESDM, Rabu (10/10).

6. Kementerian ESDM mengatakan kenaikan harga BBM type premium akan menanti instruksi dari Presiden Jokowi.